Minggu, 22 November 2015

PENTINGKAH INDONESIA SEBAGAI NEGARA AGRARIS

oleh IMMawan Ade Mulyanto,S.Agr

Manusia memulai bercocok tanam pada zaman pra sejarah, bertani adalah kebudayaan kedua setelah berburu. Bertani sudah dimulai sejak dahulu kala, oleh karena itu pertanian merupakan kegiatan manusia menggunakan faktor produksi yang didalamnya mempergunakan sumber daya demi mewujudkan keuntungan dan pemberdayaan petani. Keuntungan dalam sub sektor pertanian ada 4 :
-          Tanaman pangan
-          Hortikultura
-          Perkebunan
-          Peternakan
 Negara maritim merupakan negara yang banyak lautnya, mata pencahariannya lebih ke ranah dilaut. Indonesia seharusnya tidak dikenal hanya dengan negara agraris.
Negara agraris adalah dimana mayoritas penduduknya bercocok tanam atau sebagai petani. Tingkat validitas di Indonesia masih berkurang. Pulau terdepan di Indonesia diambil alih oleh negara asing, akrena kontrol dari Pemerintah yang masih kurang. Kurang lebih pulau di Indonesia sekitar 17.000 pulau, 30% dari Kalimantan dan 25% dari Sumatera.
Dari luas Indonesia, 1/3 daratan dan 2/3 lautan, sehingga maritim lebih dipotensialkan. Dari 1/3 daratan pun menjadi potensial dalam swasembada pangan. Indonesia bergabung dengan UNFAO pada tahun 1950. selengkapnya...

0 komentar:

Posting Komentar